Kawah Ijen Dingin, Suhu Capai 3 Derajat Celcius

oleh -1,986 views

JATIM – Ingin merasakan musim dingin? Tak usah jauh-jauh, ke Kawah Ijen saja. Saat ini cuaca di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen turun hingga 3 derajat celcius dan sudah terjadi seminggu belakangan. Kondisi tersebut terjadi antara pukul 02.00-04.00 WIB.

Menurut Kepala Resort TWA Gunung Ijen Sigit Hari Wibowo, suhu di jalur pendakian Gunung Ijen mulai di pos pemberangkatan di kawasan Paltuding bisa mencapai 3 derajat celcius.

“Kawah Ijen memasuki 3 derajat. Ini sudah sejak seminggu ini. Diprediksi akan semakin turun menyusul musim kemarau ini,” ujar Sigit, dilansir dari detikcom, Kamis (18/7/2019).

Fenomena ini terjadi pada musim kemarau. Namun di TWA Kawah Ijen jarang sekali ditemukan frost. Karena meski memasuki musim kemarau, namun sebagian wilayah di TWA Kawah Ijen masih terdapat hujan.

“Hujan yang mempengaruhi tidak adanya frost. Jarang sekali di Ijen ada salju atau pembekuan karena cuaca dingin ini,” tambahnya.

Pihak TWA Gunung Ijen sendiri telah menyiapkan fasilitas pengukur suhu di beberapa titik jalur pendakian agar wisatawan bisa langsung memantau kondisi suhu di Ijen, mulai dari jalur awal pendakian, pos istirahat hingga di puncak.

“Ada beberapa titik pemasangan termometer yang bisa dilihat oleh pengunjung agar bersiap siap sebelum melakukan pendakian untuk menggunakan penghangat,” katanya.

Termometer ini ada di pos pemeriksaan satu, kemudian di warung ada dua, kemudian di puncak ada satu di Pondok bunder. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *