Abah Tatang Generasi Pengrajin Wayang Generasi Ke Tiga

oleh -2,496 views

Jabarpos.com, Bandung- Jika anda menginap di Hotel Mercure Bandung, tentunya anda akan diajak mengunjungi salah satu kampung wayang urban, Jl.Pangarang 4, Kelurahan Lengkong, tidak jauh di lingkungan Hotel Mercure Bandung. Rabu,03/7/19.

Kampung wayang urban milik Tatang Heryana, yang akrab dipanggil Abah Tatang  merupakang generasi ke tiga, sudah sejak SMP Tatang sudah mulai belajar membuat wayang, secara otodidak.

“Saya generasi ke tiga, generasi pertama Abah Sukatma pada tahun 1930 – 1982. Kedua Alun Ruhiyat,¬† 1955-1998. Dan saya sejak 1967 sampai sekarang” Ungkap Abah Tatang.

“Dulu kake dan ayah saya membuat wayang pesenam para dalang, dari jamannya Abah Sunarya sampai Abah Asep alm, dari wayang Purwa hingga moderen” kisahnya.

Sekarang Tatang lebih sering membuat wayang untuk cindra mata pesanan dari hotel-hotel.

Terkadang ada juga tamu asing seperti Belanda, Prancis, Jepang dll, bahkan ada yang pesan wajahnya mirip sipemesan, Kisaran harga dari 50 ribu bahkan 1 juta itu tergantung ukuran besarnya.

“Semoga saja kerajinan wayang ini tetap eksis dan generasi muda kota Bandung khususnya, semakin mencintai budayanya sendiri” harapnya. (GUS/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *