Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Di Bandung

oleh -1.154 views

JABARPOS – Berburu kuliner di Kota Bandung, tidak afdol rasanya jika tak berkunjung ke Jalan Gempol. Kawasan yang sudah sejak lama dikenal terdapat beraneka macam kuliner, sebut saja Roti Cane, Roti Gempol dan Kupat Tahu Gempol itu menjadi tempat favorit warga.

Bukan hanya masyarakat Bandung, wisatawan dari luar daerah juga menggemari kuliner di Jalan Gempol.

Namun, selain dikenal sebagai tempat kuliner legendaris, Jalan Gempol juga punya pojok kuliner alternatif. Salah satunya, Roti Cane Gempol.

Meski dikenal berasal dari India, roti yang selalu disajikan bersama kuah kari di tempat ini tetap terasa gurih. Apa rahasianya?

Edi Targo (36), sang pemilik kedai roti cane menyebutkan, ada sekurangnya 17 jenis rempah yang diolah untuk menciptakan kari yang bikin lidah tersengat.

Rempah-rempah itu di antaranya, jinten, adas, babas, kapulaga, cengkih, ketumbar, bunga lawang, kayu manis, kelabet, bawang putih, bawang merah, kunyit basa kering, jahe dan cabai merah tanjung.

“Indonesia itu negeri yang kaya akan rempah sejak dulu. Sebagaimana kita tahu, roti cane juga ada di berbagai daerah. Dengan hadirnya rempah-rempah itu, jadilah ada pertemuan antar budaya sebab bumbu wajib untuk pembuatan kari khas India adalah rempah,” kata Edi saat ditemui di kedainya belum lama ini.

Hasilnya, kari yang dibuat Edi memiliki cita rasa yang khas. Tak hanya gurih, namun juga ada sisi rasa pedas dan manis.

Roti cane cukup dicocol ke dalam kuah kari. Pilihan karinya pun ada tiga, yaitu kambing, ayam dan kentang. Kalau menyukai ketiga karinya langsung, Edi menyiapkan menu khusus.

Roti Cane
Sajian Roti Cane Gempol dengan tiga kuah kari yang menggoyang lidah.

Menurut Edi, roti cane sekarang banyak diminati. Roti ini memang berpasangan dengan kari yang mengandung unsur gurih dan agak pedas, sehingga lebih mengena dan diterima lidah masyarakat kita.

Belajar dari resep-resep rahasia keluarga sang istri, Edi mendapat bimbingan langsung dari mertuanya yang merupakan salah satu pesohor kuliner Palembang, H Abdoel Razak.

“Dari dulu sering bantuin usaha mertua di Jakarta. Awalnya memang saya di bagian outlet. Lama kelamaan jadi tahu resep di dapur dan coba bikin sendiri,” katanya.

Setelah melakukan beberapa kali percobaan, Edi akhirnya menemukan racikan sendiri. Pria asal Bandung ini mengembangkan kari dengan bumbu rempah yang ada, tapi sedikit memodifikasi dan menyesuaikannya dengan lidah warga Bandung. Namun tetap menjadi cita rasa yang otentik.

“Untuk jenis rempahnya tidak ada yang dikurangi, hanya hanya sedikit mengubah cara memasaknya,” ujarnya.

Selain roti cane dan kari, Roti Cane Gempol juga menjual menu lainnya seperti roti cane manis dengan beberapa toping. Seperti coklat, keju, keju susu dan lainnya.

Jika ingin mencicipi menu alternatif lainnya, tempat ini juga menyediakan nasi kebuli, nasi goreng rempah, mie celor hingga pempek.

Tertarik mencoba? Jika Anda kebetulan bertandang ke Bandung, jangan lupa mampir ke Roti Cane Gempol yang berada di Jalan Gempol Wetan No. 18.(liputan6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *