Forest Walk Destinasi Wisata Kesejukan Hutan Kota di Babakan Siliwangi Bandung

oleh -1.569 views

Jabarpos.com Traveler Bandung – Kawasan Babakan Siliwangi merupakan kawasan lembah yang dibentuk Sungai Cikapundung sejak puluhan ribu tahun yang lalu, sehingga banyak masyarakat Bandung yang menganggap kawasan ini dianggap sebagai warisan alam bagi kota Bandung.

Di era pemerintahan Wali Kota Ridwan Kamil, Babakan Siliwangi atau biasa disebut Baksil dilakukan penataan ulang. Ruang terbuka hijau di Bandung Utara ini dari dulu sudah jadi tempat wisata dan aktivitas kesenian.

Namun, pemeliharaan dan pengelolaan yang kurang maksimal membuat area hutan kota ini sempat membuat namanya meredup.

Pada zaman penjajahan Belanda, kawasan ini sudah ada dan dikenal sebagai kawasan sabuk hijau Kota Bandung dengan nama Lebak Gede. Dilihat dari lokasinya, Baksil berada di kawasan yang dekat dengan tempat-tempat wisata lain, di antaranya.

Teras Cikapundung, kawasan wisata belanja Cihampelas, Kebun Binatang Bandung, kawasan Dago, Puncak Ciumbuleuit (Punclut), Taman Budaya Dago, juga “tetangganya” yakni gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Berlokasi di Jalan Siliwangi, Baksil bisa dijangkau dari arah Cihampelas maupun Simpang Dago.

 

Pada tahun 1920, para arsitek perancang kota Bandung telah merencanakan untuk membuat kawasan ini sebagai hutan kota sekaligus perkebunan terbuka bagi masyarakat umum.

Kini, Baksil punya sebutan baru yakni Forest Walk atau fasilitas bagi pejalan kaki untuk menikmati suasana hutan kota. Fasilitas berupa jembatan panjang ini membentang sepanjang dua kilometer di kawasan Babakan Siliwangi.

Ningrum (35 Tahun) dan keluarga sengaja datang dari lembang mengatakan” Ini kawasan wisata yang murah meriah untuk keluarga sambil olah raga, kami berjalan kaki dari lembang lewat punclut”Ujar Ningrum sambil berswaphoto.

Forest Walk ini kini berkonsep kelas dunia yang biasa dilakukan di seluruh dunia untuk menikmati alam dengan cara yang mudah. (AP/JPC)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *