Puncak Damar Jatigede Sumedang Tempat Yang Eksotis

oleh -4,577 views

Jabarpos.com. Sumedang – Waduk Jatigede memiliki potensi wisata, Begitu juga disekitaran kawasan Waduk Jatigede yang memiliki daya tarik tersendiri bagi  para pengunjung.

Seperti halnya Puncak Damar  di Desa Paku Alam, Kecamatan Darmaraja. Memiliki letak geografis yang begitu mendukung untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Puncak Damar Jatigede Sumedang  destinasi wisata alam, yang  dikelola dan dikembangkan oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Sumedang. Wisata alam ini dikembangkan bersamaan dengan digenanginya bendungan atau Waduk Jatigede.

Selain menyuguhkan keindahan alam pegunungan pada wilayah Puncak Damar, juga menyuguhkan keindahan dari hamparan bendungan Jatigede pada sebelah timurnya. Tempat wisata baru ini sedang hits dan menjadi incaran para wisatawan.

Puncak Damar Jatigede terletak di kawasan ketinggian Puncak Damar, tepatnya di petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar, masuk kawasan administratif Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang.

Jatigede bisa melewati akses Jalan kawasan hutan serta jalan Desa Pakualam Situraja, para wisatawan bisa menggunakan sepeda, motor, atau mobil sampai lokasi. Saat hari libur dan malam Minggu tempat wisata ini sangatlah ramai apalagi saat sore untuk menikmati matahari terbenam.

Rute Puncak Damar Jatigede bisa diakses melewati jalan kawasan hutan serta jalan Desa Paku Alam – Situraja. Wisatawan yang hendak berkunjung ke Wisata Puncak Damar dapat dengan kendaraan yang berupa sepeda motor atau mobil.

Di wisata ini terdapat fasilitas lahan parkir untuk motor serta mobil yang berada sekitar 50 meter sebelum di pintu masuk. Pada area Wana Wisata Puncak Damar Jatigede, wisatawan dapat menikmati sambil lesehan di kawasan ini.

Terdapat juga fasilitas lain seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound serta lokasi bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang kesannya alami. Di tempat ini juga tersedia toilet yang bersih.

Untuk para wisatawan Wana Wisata Puncak Damar Jatigede, diharuskan membayar biaya masuk sebesar Rp.4.000/orang. Harga tiket masuk Puncak Damar Jatigede ini hanya untuk kunjungan biasa.

Untuk yang membawa kendaraan ada biaya tambahan untuk biaya parkir sebesar Rp.5.000, untuk kendaraan mobil dan Rp.2.000, untuk kendaraan sepeda motor. ( AP/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *