Google Pixel 8 bakal dapatkan Find My Device terbaru

oleh -39 views

Perangkat Google seri Pixel 8 dikabarkan akan mendapatkan fitur pelacak ponsel hilang Find My Device versi terbaru yang tetap bisa berfungsi meskipun ponsel dalam keadaan mati.

Find My Device akan hadir pada perangkat yang berjalan dengan sistem operasi Android 15. Pengulas teknologi Mishal Rahman, melansir laporan Android Police, Sabtu, mengatakan kemungkinan Find My Device akan hadir pada Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro ke atas.

“Tetapi tidak untuk perangkat Pixel lama seperti Pixel Fold, Pixel 7 Pro, atau Pixel 6a. Sangat disayangkan bahwa Pixel Fold tidak disertakan dalam fitur lainnya, jadi semoga Google memperbaikinya sebelum diluncurkan,” kata Mishal.

Menurut dia, fitur Powered Off Finding memungkinkan perangkat menyimpan suar Bluetooth yang telah dihitung sebelumnya di memori pengontrol Bluetooth. Artinya, meskipun perangkat dimatikan, perangkat tersebut dapat terus menyiarkan sinyal Bluetooth ke perangkat terdekat.

Saat sebagian besar perangkat Android dimatikan, biasanya pengontrol Bluetooth-nya berhenti menerima daya. Hal itu membuat perangkat tersebut tidak dapat menyiarkan suar dan dengan demikian dapat ditemukan oleh perangkat Android terdekat lainnya yang merupakan bagian dari jaringan Find My Device.

Pembuat perangkat perlu melakukan beberapa pekerjaan teknis tambahan untuk mendukung fitur ini. Misalnya, mereka perlu mendukung lapisan abstraksi perangkat keras Bluetooth Finder sehingga OS Android dapat mengaktifkan mode Powered Off Finding dan mengirimkan suar Bluetooth yang telah dihitung sebelumnya di memori pengontrol Bluetooth.

Pengguna perangkat dengan sistem operasi di bawah Android 15 harus menunggu Google meluncurkan dukungan di Google Play mereka. Google telah berupaya menambahkan dukungan “Powered Off Finding” ke Play sejak 2023, dan perusahaan itu telah berupaya menambahkan dukungan antarmuka pengguna langsung ke Android.

Misalnya, di Android 14 QPR1, Google menambahkan dialog khusus yang ditampilkan di bagian bawah layar “Mematikan…”.Dialog itu seakan memberi tahu pengguna bahwa mereka dapat menemukan lokasi ponselnya dengan fitur “Find My Device” meskipun ponsel dimatikan.

Dialog itu tidak ditampilkan secara default saat ini, karena Google bahkan belum meluncurkan fitur “Powered Off Finding”, apalagi jaringan “Find My Device”.