Ribuan Mobil Listrik BYD Asal China Serbu Indonesia

oleh -69 views
Ribuan Mobil Listrik BYD Asal China Serbu Indonesia

JABARPOS.COM – Produsen mobil listrikasal China, Build Your Dreams (BYD), mengumumkan bahwa ribuan unit kendaraan listriknya telah tiba di Indonesia.

Kendaraan-kendaraan tersebut siap untuk diserahkan kepada konsumen sesuai dengan nomor antrean pesanan secara bertahap.

BYD mengklaim bahwa jumlah pesanan dari konsumen Indonesia begitu tinggi hingga melampaui proyeksi awal, menunjukkan minat besar masyarakat terhadap kendaraan listrik BYD.

“Kami sangat senang dapat mengumumkan bahwa unit-unit mobil listrik BYD telah tiba di Indonesia dan siap untuk diserahterimakan kepada para konsumen kami. Ini adalah langkah awal dalam mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia untuk hidup berdampingan dengan teknologi elektrifikasi BYD,” ujar Luther Panjaitan, Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

Dalam proses distribusi dan logistik, BYD menyebutkan adanya berbagai kondisi terkait penggunaan jalur komitmen investasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia.

Untuk itu, BYD melibatkan berbagai pihak dan mitra lokal guna memastikan kelancaran pengiriman pesanan pelanggan. Saat ini, proses persiapan serah terima sedang berlangsung di berbagai dealer resmi BYD.

Sejak awal 2024, BYD telah merilis harga tiga jenis mobil yang akan dijual di Indonesia. Namun, hingga kini mobil-mobil tersebut belum terlihat di jalanan meski banyak peminat yang sudah melakukan pemesanan.

Menteri Investasi/BKPM, Bahlil Lahadalia, menyebut masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan BYD untuk mendatangkan produknya ke dalam negeri, salah satunya melalui penandatanganan persetujuan perjanjian impor oleh BKPM.

“Kemarin kalau tidak salah, saya baru menandatangani rekomendasi perizinan untuk impor. Sebelum dia melakukan impor, dia harus mempresentasikan nilai investasi, kapasitas produksi, dan jangka waktu investasinya,” jelas Bahlil ketika ditemui di kompleks parlemen, Selasa, 11 Juni 2024).

Izin impor diberikan berdasarkan progres realisasi investasi BYD. “Jadi sekarang kita kasih dahulu kurang lebih sekitar 10% atau 20% dari total kapasitas produksinya,” tambahnya.

Kehadiran ribuan unit mobil listrik BYD di Indonesia menandai langkah penting dalam transisi menuju kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

Dengan minat yang besar dari masyarakat, BYD berharap dapat menjadi pemimpin pasar dalam industri kendaraan listrik di Indonesia.***