Sempat Kejang-kejang, Pebulu Tangkis Muda China Meninggal Dunia saat Bertanding di Yogyakarta

oleh -87 views

JABARPOS.COM – Pebulu tangkis muda asal China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia saat berlaga di Badminton Asia Junior Championship 2024.

Tragedi ini terjadi saat Zhang tengah bertanding melawan Kazuma Kawamo dari Jepang di penyisihan grup nomor tunggal putra.

Insiden memilukan ini terjadi ketika Zhang bersiap menerima servis lawan. Tiba-tiba, Zhang jatuh tersungkur dan mengalami kejang-kejang di lapangan.

Dalam video yang beredar, terlihat adanya jeda waktu mulai dari Zhang mengalami kejang hingga tim medis masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan.

Pelatih tim China bahkan terlihat berteriak panik sebelum akhirnya dua tim medis datang untuk memberikan bantuan.

Dalam keterangan resmi, PBSI menjelaskan bahwa Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal di rumah sakit.

“Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 (30 Juni 2024) waktu setempat,” demikian bunyi pernyataan resmi PBSI.

Zhang sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika ia pingsan. Ia langsung dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis yang hadir.

Dalam waktu kurang dari dua menit, Zhang dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans siaga.

“Badminton Asia, PBSI, dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga, dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA),” ujar PBSI dalam pernyataannya.

Ajang Badminton Asia Junior Championship 2024 berlangsung di Yogyakarta sejak 28 Juni hingga 7 Juli.

Kategori beregu dipertandingkan lebih dulu hingga 2 Juli, kemudian dilanjutkan dengan pertandingan kategori perorangan.***