Ini 5 Minuman Ampuh Hangatkan Badan dan Cegah Masuk Angin

oleh -72 views

JABARPOS.COM – Musim penghujan mulai tiba, memperkuat sistem kekebalan dan menjaga kesehatan. Salah satunya bisa lewat minuman hangat yang hangatkan badan dan cegah masuk angin.

Peralihan musim kemarau ke musim penghujan biasanya membuat suhu menurun drastis. Jika sistem kekebalan tubuh tidak kuat maka kondisi ini akan membuat tubuh cepat terserang penyakit. Belum lagi jika mengalami kehujanan yang bikin badan rentan masuk angin.

Ada beberapa minuman herbal yang rasanya enak dan juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh terutama membuat tubuh hangat. Minuman ini tidak sulit dibuat dan bahannya pun umum ditemukan di dapur rumah. Minuman ini juga murah meriah dan tak bikin kantong jebol.

Sebut saja misalnya teh jahe, wedang uwuh hingga teh lemon yang berkhasiat tubuh dan menghindari masuk angin. Apalagi beberapa bahan seperti jahe dan lemon memiliki kandungan antivirus alami yang membuat tubuh tidak mudah terpapar virus.

Minuman hangat ini cocok dinikmati saat pagi ataupun malam hari. Ketika tubuh merasa dingin, mencoba minuman hangat agar tidak mudah terserang flu dan mengalami masuk angin.

Berikut beberapa minuman herbal yang dapat membakar tubuh sekaligus mengusir angin, seperti dikutip dari detikcom.

1. Teh jahe
Jahe sudah lama digunakan sebagai obat herbal dan terkenal dengan manfaat kesehatannya. Demikian juga dengan teh yang mengandung antioksidan tinggi serta membantu mencegah gejala flu ketika dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Paduan teh dan jahe membuat minuman ini semakin berkhasiat. Teh jahe tinggi antioksidan dan memiliki efek antiinflamasi. Minum teh ini bisa membantu menyembuhkan masalah kesehatan seperti batuk, pilek, asma, mual, dan gangguan pencernaan.

Konsumsi jahe juga mencegah kamu dari infeksi virus. Untuk membuatnya cukup mudah, rebus air bersama jahe hingga mendidih lalu gunakan rebusan ini untuk menyeduh teh. Tambahkan gula batu atau madu untuk membuat rasanya jadi nikmat.

2. Wedang jahe
Tak ada salahnya memiliki stok jahe di rumah untuk dijadikan wedang saat kamu butuh minuman hangat. Wedang jahe dibuat dari bahan dasar jahe dan gula merah. Untuk rasa yang pedas hangat maksimal, kamu bisa memilih jenis jahe merah.

Untuk membuat wedang jahe cukup memarkan jahe lalu campur dengan gula merah dan rebus hingga mendidih. Jika ingin aroma dan rasanya semakin keluar, kamu bisa sedikit membakar jahe hingga permukaannya gosong kemudian memarkan dan rebus. Wedang jahe paling pas dinikmati hangat.

3. Teh lemon
Punya teh dan lemon di rumah? Coba buat racikan teh lemon hangat yang bisa mengusir rasa dingin sekaligus meredakan perut kembung, masuk angin dan gejala flu akibat suhu dingin.

Lemon mengandung vitamin C yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin C mampu membuat tubuh bisa melawan virus penyebab berbagai penyakit. Jika tidak memiliki lemon, kamu juga bisa membuat teh jeruk nipis yang punya khasiat sama. Sensasi asam segar dari teh ini dijamin bikin badan kembali semangat.

4. Teh pepermint
Masih varian jenis teh, ada juga teh pepermint yang bisa menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, mengusir kembung dan meredakan sakit kepala. Sensasi segar dari teh pepermint paling pas dinikmati hangat. Bisa pagi ataupun sore hari.

Teh peppermint juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antioksidan, dan antikanker. Tak heran kalau teh ini kerap diandalkan untuk mengobati flu dan batuk. Teh pepermint juga membantu melegakan tenggorokan dan saluran pernapasan.

5. Wedang uwuh
Terakhir ada wedang uwuh yang populer sebagai minuman herbal asal Jawa Tengah. Dalam bahasa Jawa, uwuh berarti sampah. Nama ini merujuk pada tampilan wedang yang dibuat dengan beragam rempah sehingga terlihat seperti sampah.

Meskipun tampilannya tidak menggoda tapi tidak percaya kalau wedang uwuh punya rasa yang nikmat dan memiliki khasiat bagi tubuh. Wedang uwuh umumnya dibuat dengan campuran aneka rempah mulai dari kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, sereh hingga kapulaga yang kemudian diguyur air jahe panas.

Untuk membuat rasanya semakin enak, wedang uwuh biasa ditambahkan gula batu. Selain mengusir angin, wedang uwuh juga membantu menghilangkan pegal dan pencernaannya. *