5 Kebiasaan Buruk saat Bangun Tidur yang Justru Sering Kita Lakukan

oleh -388 views

JABARPOS.COM – Sebagai manusia, kita pastinya memiliki kebiasaan unik, terutama saat kita bangun tidur di pagi hari.

Tapi, kita sering tak sadar kalau hal itu sebenarnya adalah kebiasaan buruk dan akan berdampak terhadap kesehatan tubuh dan produktivitas.

Coba diingat ingat, kira-kira apa sih yang kita lakukan sesaat setelah bangun tidur? dan renungkan, apakah itu baik?

Berikut adalah beberapa hal buruk yang sebaiknya dihindari saat bangun tidur, yang dirangkum Bertuahpos.com, dari berbagai sumber;

Menunda Alarm

Menunda alarm mungkin terdengar seperti keputusan kecil, namun itu bisa merusak pola tidur kita.

Dr. Sarah Walker, seorang ahli menjelaskan bahwa kebiasaan ini dapat memicu efek snooze, mengganggu siklus tidur alami dan membuat kita merasa lebih lelah saat akhirnya bangun.

Mengambil Ponsel Sebelum Mandi

Mengambil ponsel segera setelah bangun tidur dapat mengarah pada informasi yang cenderung mengganggu dan merugikan fokus awal hari.

Menurut Ahli psikologi, Dr. Amanda Ellison, menyarankan untuk memberikan waktu bagi pikiran kita untuk ‘mereset’ sebelum terpapar berita dan tuntutan digital.

Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah sumber energi penting untuk memulai hari. Dr. Emily Dhurandhar, seorang ahli gizi, menyatakan bahwa melewatkan sarapan dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi dan produktivitas serta meningkatkan keinginan untuk makan berlebihan nantinya.

Konsumsi Kafein Secara Berlebihan

Minum kopi atau minuman berkafein lainnya segera setelah bangun tidur dapat mengurangi keefektifan kafein.

Ahli kesehatan, Dr. James McLellan, menyarankan untuk menunggu setidaknya satu jam setelah bangun tidur sebelum mengonsumsi kafein agar mendapatkan manfaat optimal.

Tidur Kembali Setelah Mematikan Alarm

Memutuskan untuk tidur kembali setelah mematikan alarm dapat menyebabkan rasa kantuk dan kebingungan.

Dr. Neil Kline, seorang ahli tidur, mengingatkan bahwa sisa waktu tidur tersebut mungkin tidak cukup untuk memasuki siklus tidur yang mendalam.

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan ini, kita dapat memastikan awal hari yang lebih segar, produktif, dan sehat.

Memahami dampak kecil dari tindakan sehari-hari ini dapat memberikan pijakan bagi perubahan menuju kebiasaan yang lebih baik dan membantu kita mencapai potensi penuh kita setiap harinya.***

Sumber : Bertuahpos.com