Apa Bahayanya Penyakit Hipertensi? Jangan Sepelekan Darah Tinggi

oleh -527 views

Tahukan Anda, apa bahayanya penyakit hipertensi? Selama ini ada banyak orang menyepelekan darah tinggi.

Padahal ini salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah mencapai lebih dari 140/90 mmHg.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam RSUD Arifin Achmad, dr. Anwar Sholeh, M. Ked (PD), Sp PD, penyakit hipertensi tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi, termasuk gagal jantung, gangguan otak, gagal ginjal, stroke, dan kerusakan retina.

Dia menjelaskan, penyakit ini memiliki faktor risiko tak berubah seperti usia di atas 40 tahun, jenis kelamin pria, dan riwayat keluarga.

Namun, ada faktor risiko yang dapat diperbaiki, seperti kegemukan, kurang aktivitas fisik, merokok, diet tinggi lemak, konsumsi alkohol, dan stres.

Anwar menekankan pentingnya pemeriksaan tekanan darah secara rutin, untuk mengurangi risiko bahaya penyakit hipertensi.

Jika terdeteksi hipertensi, sebaiknya segera berkonsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat, tanpa menunggu gejala muncul, karena bisa jadi gejala tersebut menandakan adanya komplikasi yang telah terjadi.

“Dianjurkan bagi penderita hipertensi untuk mengikuti diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Diet ini dirancang khusus untuk mencegah lonjakan tekanan darah,” tambahnya.

DASH, sebagai pola makan yang dapat membantu mengelola tekanan darah, mengusung prinsip utama seperti mengonsumsi 4-5 porsi sayuran dan 4-5 porsi buah setiap hari.

Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum utuh, dan oatmeal, serta protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, dan kacang-kacangan, menjadi bagian integral dari diet ini.

“Produk susu rendah atau tanpa lemak, seperti yogurt, keju, dan susu, juga dianjurkan sebagai bagian dari diet DASH,” papar Anwar.

Dengan demikian, dia menekankan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap upaya pencegahan dan pengelolaan hipertensi melalui gaya hidup dan pola makan yang sehat.***