Cara Kompres yang Benar untuk Mengatasi Demam pada Anak

oleh -343 views

PEKANBARU – Cara cepat menurunkan demam pada anak dengan bahan-bahan alami adalah dengan menggunakan metode kompres air hangat.

Sebagai orang tua, kita sering kali kebingungan jika mendapati anak tiba-tiba mengalami demam tinggi. Terlebih di tengah malam. Sementara stok paracetamol lagi tidak tersedia.

Jangan bingung, jika mengalami situasi seperti ini, kita bisa kompres anak dengan bahan-bahan yang ada. Simak oenjelasannya berikut ini:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Kain bersih dan lembut
  2. Air hangat

Langkah-langkahnya:

  1. Ambil sepotong kain bersih dan lembut, seperti kain katun atau handuk kecil.
  2. Basahi kain tersebut dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas sehingga aman untuk kulit anak.
  3. Peras kain tersebut agar tidak terlalu basah, tetapi tetap cukup lembab.
  4. Letakkan kain yang sudah dibasahi di dahi anak secara lembut. Anda juga dapat meletakkannya di leher, lengan, atau punggung anak.
  5. Biarkan kompres air hangat berada di tempat tersebut selama beberapa menit.

Penjelasan:

– Air hangat membantu meredakan demam dengan cara merangsang sirkulasi darah di kulit. Ini membantu mengurangi panas tubuh dan memberikan kenyamanan pada anak.

– Kain yang digunakan harus bersih dan lembut untuk menghindari iritasi kulit anak.

– Penting untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena bisa membakar kulit. Pastikan airnya hangat saja.

– Sambil melakukan kompres air hangat, pastikan juga anak cukup minum air untuk mencegah dehidrasi, yang sering terjadi saat demam.

– Perhatikan suhu tubuh anak secara teratur dan hubungi dokter jika demamnya tidak kunjung mereda atau ada gejala lain yang mengkhawatirkan.

Namun, ingatlah bahwa pengobatan demam hanya bertujuan untuk mengatasi gejala, dan jika demam anak berlanjut atau menjadi lebih parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.***