Gubernur dan Dirut Pertamina Bahas Investasi di Indramayu

oleh -965 views
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati beserta jajaran di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Rabu (27/11/2019).

JABARPOS.COM-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati beserta jajaran di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Rabu (27/11/2019). Mereka membicarakan investasi daei Abu Dhabi dan Taiwan di Indramayu. Menurut Emil, demikian Ridwan Kamil disapa, PT Pertamia bakal mengintegrasikan kilang dan membangun pabrik yang memproduksi sejumlah produk petrokimia turunannya di Kabupaten Indramayu.

“Pertamina dengan profesionalisme-nya berhasil mendapatkan investasi dari perusahaan Taiwan dan Abu Dhabi untuk investasi di Indramayu. Investasi ini, selama 4-5 tahun kontruksi, akan mempekerjakan 30-35 ribu, warga lokal mayoritas, untuk bekerja di sana,” kata Emil seusai pertemuan tersebut. Emil mengatakan tugas Pemerintah Provinsi Jabar dalam investasi tersebut adalah mengamankan tata ruang dan menunjuk lokasi.

Karena lahan yang digunakan lebih dari 200 hektare, kata dia, pihaknya akan mendorong kawasan ini untuk jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). “Proyeknya ada kilang minyak, ada pabrik petrokimia beserta turunannya, yang ujung-ujungnya jadi benda-benda industri, seperti plastik dan benda-benda lainnya,” ucapnya. Emil menyebut proyek yang akan dimulai pada awal 2020 tersebut merupakan contoh sinergisitas Pemerintah Provinsi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terlebih, Presiden Joko Widodo sudah memberi arahan kepada kepala daerah untuk mempermudah dan mempercepat investasi.

Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pihaknya memerlukan dukungan Pemerintah Provinsi Jabar dalam penentuan lokasi. Nantinya, kata dia, proyek senilai Rp 100 triliun itu akan menyerap sekira 30-35 ribu tenaga kerja dalam dua tahap. “Jadi kebutuhan tenaga kerja untuk tahap kontruksi dan tahap operasi. Kontruksi diawal tahun 2020 dan operasi tahun 2026. Ucapan terima kasih kepada Pak Gubernur, minta dukungan proyek yang akan dilaksanakan,” katanya.

Editor Roy