Batasi Waktu Anak Main HP, China Minta Pabrik Smartphone Bikin Pembatasan Otomatis

oleh -291 views

Pemerintah China meminta kepada pabrik smartphone untuk membuat sistem yang secara otomatis dapat membatasi waktu anak-anak bermain HP. Terutama bagi anak remaja.

Pembatasan screen time (waktu layar) itu diberlakukan khusus untuk anak usia 18 tahun dengan durasi anak main HP maksimal dua jam sehari. Rencana ini masih dalam tahapan usulan.

Rancangan ini dibuat oleh Cyberspace Administration of China (CAC), karena sebelumnya Beijing telah menyatakan beberapa persoalan untuk memberi kontrol atas kehidupan digital di negara itu.

Meski masih sebatas usulan, rencana ini benar-benar akan diseriusi dengan menghadirkan Undang-Undang. Pemerintah menyatakan aturan itu dapat berimplikasi pada perusahaan yang menjalankan beberapa aplikasi seluler terbesar di China, super Tencent dan ByteDance.

Mengutip CNBC Internasional, rancangan aturan CAC adalah dorongan yang lebih luas oleh otoritas China untuk mengekang dan mencegah kecanduan di antara anak dan remaja yang berusia di bawah 18 tahun terhadap aplikasi dan smartphone.

Melakukan pembatasan waktu terhadap anak dalam mengoperasikan gadget di China memang bukan kali pertama. Sebelumnya pemerintah China telah melakukan membatasi remaja untuk bermain video game online selama lebih dari tiga jam per minggu pada tahun 2021.***