Ini 7 Macam Makanan Sebabkan Gigi dan Gusi Berlubang

oleh -810 views
Suffering from toothache. Beautiful young woman suffering from toothache while standing against grey background

JABARPOS.COM – Gigi berlubang menjadi salah satu masalah yang banyak dialami banyak orang. Ternyata, makanan penyebab gigi dan gusi berlubang ikut berperan terhadap hal ini.

Dikutip dari Health Line, masalah gigi berlubang bisa mengurangi kualitas hidup penderitanya. Sebab, penyakit ini menyebabkan rasa nyeri, masalah mengunyah, hingga abses gigi.

Salah satu cara mengatasi gigi dan gusi berlubang adalah dengan menghindari makanan-makanan yang bisa memperparah kondisi gigi, seperti dilansir detikcom.

7 Makanan Penyebab Gigi dan Gusi Berlubang:
1. Permen Asam
Permen diketahui memiliki dampak yang buruk pada gigi. Namun, ternyata permen asam memiliki kandungan lebih banyak asam sehingga bisa menyebabkan gigi berlubang.

Jika ingin mengonsumsi permen, konsumsi satu cokelat dan kunyah dengan cepat. Dengan begitu sisa makanan mudah dibersihkan dan tak menyebabkan kerusakan pada gigi.

2. Roti
Roti yang dikonsumsi akan menjadi gula saat dikunyah. Alhasil, gula tersebut menempel dan masuk ke sela-sela gigi sehingga bisa menyebabkan gigi berlubang.

Bila tetap ingin mengonsumsi roti, detikers bisa mencoba membeli roti gandum. Sebab, roti tersebut memiliki kandungan gula lebih sedikit dibanding yang biasa.

3. Alkohol
Selain tidak baik untuk kesehatan, alkohol ternyata merupakan makanan penyebab gigi dan gusi berlubang. Sebab, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan mulut kering kekurangan air liur.

Air liur yang kurang bisa mempermudah partikel makanan menempel pada gigi. Alhasil, gigi akan mudah mengalami kerusakan, seperti berlubang.

4. Minuman Soda
Minuman berkarbonasi atau soda mengandung lebih banyak asam yang bisa menyerang enamel gigi. Mengonsumsi minuman ini juga bisa mengurangi produksi air liur dan berisiko pada kesehatan gig.

5. Jeruk
Jeruk mengandung tingkat asam yang dapat mengikis enamel. Alhasil, gigi akan lebih rentan mengalami pembusukan dan resiko gigi berlubang.

6. Es Batu
Banyak orang mengonsumsi es batu dengan cara mengunyahnya. Cara ini ternyata dapat merusak email dan menyebabkan gigi retak atau patah dan berisiko pada gigi berlubang.

7. Keripik Kentang
Makanan penyebab gigi dan gusi berlubang terakhir adalah keripik kentang. Makanan ini ternyata mengandung pati yang dapat berubah menjadi gula saat dikunyah dalam mulut sehingga menempel di gigi. (mg1/detikcom)