Sebelum Divaksin Covid-19, Lansia dengan 10 Penyakit Ini Wajib Periksa Dulu

oleh -558 views

JABARPOS.COM–Vaksinasi Covid-19 tahap 2 menyasar kelompok masyarakat petugas layanan publik dan lansia. Namun, terdapat catatan khusus lantaran lansia dengan penyakit tertentu tidak bisa langsung menerima vaksin.

“Lansia merupakan kelompok rentan karena kekebalan tubuhnya menurun seiring bertambahnya usia. Ketika terjadi infeksi COVID-19 akan semakin parah dengan adanya penyakit penyerta atau komorbid,” jelas juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan resmi,seperti dilansir detikcom

Sebagai langkah antisipasi, pemerintah menyediakan observasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Akan tetapi, Satgas tetap mengingatkan keluarga lansia untuk memperhatikan kondisi kesehatan lansia penerima vaksin lebih dulu sebelum menerima suntikan vaksin.

Untuk itu, pasien dengan jenis penyakit di bawah ini harus periksa dulu sebelum menerima vaksin COVID-19:

Hipertensi
Diabetes
Kanker
Penyakit paru kronis
Serangan jantung
Gagal jantung kongestif
Asma
Nyeri sendi
Stroke
Penyakit ginjal

Lansia yang memiliki penyakit kronik juga diminta untuk memeriksakan diri ke dokter dan meminta keterangan layak divaksin lebih dulu sebelum menerima vaksin.

“Untuk lansia yang selama ini memiliki penyakit kronik segera kontrol dulu ke dokternya. Misalnya punya penyakit jantung, kelainan darah, atau penyakit ginjal. Kontrol ke dokternya pastikan bisa diberikan keterangan layak vaksin, bisa dalam bentuk surat,” ujar juru bicara program vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi beberapa waktu lalu.(mg1/detikcom)