Ini Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

oleh -522 views

JABARPOS.COM – Teh hijau telah dikaitkan dengan beberapa kesehatan, salah satunya adalah penurunan berat badan karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi.

Teh hijau telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati berbagai kondisi mulai dari sakit kepala hingga penyembuhan luka. Teh hijau juga sering dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Teh hijau diyakini dapat menurunkan berat badan karena prosesnya memungkinkan tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi yang dapat digunakan secara kolektif dikenal sebagai metabolisme.

Teh hijau mengandung kafein dan sejenis flavonoid disebut dengan katekin, yang merupakan antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa kedua senyawa ini dapat mempercepat metabolisme.

Katekin dapat membantu memecah lemak berlebih sementara katekin dan kafein dapat meningkatkan jumlah energi yang digunakan tubuh.

Sebuah ulasan dengan tahun terbit 2010 menemukan bahwa suplemen teh hijau yang mengandung katekin dan kafein, memiliki dampak kecil namun positif pada penurunan berat badan dan pengelolaan berat badan.

Dilansir dalam Healthy Woman, teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dan kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, meningkatkan oksidasi lemak dan bahkan meningkatkan aktivitas insulin.

Satu studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau dan kafein kehilangan rata-rata 1,3 kg selama periode 12 minggu sambil tetap menjalankan diet reguler mereka.

Untuk menurunkan berat badan secara cepat, yang terpenting adalah tetap olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat serta tingkatkan konsumsi sayuran.

Cara minum teh hijau untuk diet yang benar adalah menyeduh dengan air hangat. Caranya adalah dengan didihkan air, tetapi biarkan selama sekitar 10 menit, kemudian tuangkan air ke atas teh dan seduh selama satu menit sebelum disajikan. (detikcom)