Tips Aman Menabung Uang agar Tidak Dibobol dari Rekening Bank

oleh -117 views
BI Riau Ingatkan Masyarakat Lakukan Penukaran Uang Rupiah ke Tempat Resmi

JABARPOS.COM – Menabung adalah kegiatan penting dalam mengelola keuangan pribadi. Namun, dengan semakin canggihnya metode pencurian, menjaga tabungan tetap aman menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips aman menabung uang agar tidak dibobol dari rekening bank Anda:

Pilih Bank yang Terpercaya

Pastikan Anda menabung di bank yang memiliki reputasi baik dan sistem keamanan yang kuat. Bank besar umumnya memiliki teknologi keamanan yang lebih canggih dibandingkan bank kecil.

Gunakan Layanan Internet Banking dengan Bijak

Jangan pernah membagikan informasi login internet banking Anda kepada siapapun. Selalu pastikan Anda mengakses situs resmi bank dan hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik saat melakukan transaksi.

Aktifkan Fitur Keamanan Tambahan

Banyak bank menyediakan fitur keamanan tambahan seperti otentikasi dua faktor (2FA) dan notifikasi SMS untuk setiap transaksi. Aktifkan semua fitur keamanan ini untuk menambah lapisan perlindungan.

Rutin Memeriksa Rekening

Periksa secara rutin mutasi rekening Anda. Jika ada transaksi yang mencurigakan, segera laporkan ke pihak bank untuk tindakan lebih lanjut.

Jangan Menyimpan Data Penting di Perangkat Elektronik

Hindari menyimpan data penting seperti nomor PIN, password, atau informasi kartu kredit di perangkat elektronik yang mudah diakses oleh orang lain. Gunakan aplikasi manajemen password yang terpercaya jika diperlukan.

Waspada Terhadap Phishing

Hati-hati terhadap email, pesan, atau telepon yang meminta informasi pribadi atau finansial. Bank tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui saluran komunikasi tersebut.

Simpan Buku Tabungan dan Kartu ATM di Tempat Aman

Pastikan buku tabungan dan kartu ATM disimpan di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain. Jangan menuliskan PIN di mana saja yang mudah ditemukan.

Lakukan Pembaruan Berkala

Selalu lakukan pembaruan terhadap aplikasi mobile banking dan perangkat lunak lainnya untuk memastikan Anda mendapatkan perlindungan dari ancaman keamanan terbaru.***