Kemenkes RI Kunjungi Keluarga di Kota Serang Yang Terindikasi Kusta

oleh -188 views

JABARPOS.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengunjungi sebuah keluarga di Kota Serang, Banten, yang terindikasi terserang penyakit kusta. Ketua Tim Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Regina T Sidjabat, mengatakan telah berkomunikasi dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Serang untuk melihat kondisi keluarga tersebut.

“Dua anak berusia di bawah 15 tahun di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, suspek penyakit kusta,” kata Regina di Serang, Kamis.

Kemenkes juga melakukan skrining terhadap anggota keluarga yang tinggal serumah dan memberikan obat pencegahan untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Kusta basah atau multi basiler dapat disembuhkan dalam 12 bulan, sedangkan kusta kering atau pausi basiler yang diderita kedua anak tersebut bisa diobati selama enam bulan.

Pj Wali Kota Serang, Yedi Rahmat, menyatakan bahwa kunjungan perwakilan Kemenkes RI dilakukan berdasarkan laporan yang diterimanya, dan ia meminta bantuan Kemenkes RI untuk menyediakan obat-obatan.

“Kami tadi sudah melihat kondisi anak-anak yang terkena penyakit kusta. Kami bersama dari Kementerian Kesehatan langsung melakukan peninjauan,” ujar Yedi.

Pemkot Serang dan Kemenkes RI langsung memberikan obat-obatan khusus untuk penyakit kusta guna mencegah penularan dan mempercepat penyembuhan.***