Pemkab Serang Pertahankan Lumbung Padi untuk Menjaga Stabilitas Harga Pangan

oleh -88 views

JABARPOS.COM – Pemerintah Kabupaten Serang berkomitmen mempertahankan lumbung padi untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Sekretaris Daerah Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, menyatakan bahwa harga pangan akan tetap stabil karena beberapa bahan pangan di Kabupaten Serang mengalami surplus, terutama pada panen raya padi dan beras pada April 2024.

”Kita pertahankan lumbung padi yang ada di Kabupaten Serang, sehingga kita bisa stabil di komunitas padi atau beras. Dan di komunitas lain seperti sayuran, cabai, bawang, telur di Kabupaten Serang banyak ternak petelur yang juga bisa menyumbang untuk daerah lain,” ujarnya.

Kabupaten Serang menjadi salah satu lokus panen padi Nusantara 1 Juta hektare se-Indonesia, memberikan kontribusi besar terhadap ketahanan pangan nasional.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Serang, Febrian Ripera, menjelaskan sembilan langkah yang dilakukan Pemda dalam pengendalian inflasi daerah, termasuk pemantauan harga dan stok, menjaga pasokan bahan pokok, gerakan menanam, operasi pasar murah, dan lainnya.

“Jadi sebagai kunci sukses maka inflasi harus dijadikan sebagai isu daerah yang dilaksanakan berkolaborasi di bawah koordinasi sekda, serta merealisasikan pelaksanaan road map dan program kerja TPID,” tambahnya.***