Besok Malam Nisfu Syaban, Ini Bacaan Shalawat Munjiyat dan Artinya

oleh -69 views

Malam Nisfu Syaban di tahun 2024 jatuh pada tanggal 24 Februari setelah Maghrib hingga tanggal 25 Februari malam. Jadwal ini mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Dalam penanggalan Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah pun, malam Nisfu Syaban tetap pada tanggal 24 Februari 2024.

Bulan Syaban memiliki makna yang mendalam, karena dianggap sebagai bulan Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW menyampaikan bahwa bulan Rajab adalah bulan Allah, Ramadhan adalah bulan umat Nabi Muhammad SAW, sementara Syaban adalah bulannya beliau.

Malam Nisfu Syaban merupakan pertengahan bulan Syaban, saat yang diperhitungkan untuk melakukan amalan-amalan yang baik. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca Sholawat Nabi, seperti Sholawat Munjiyat.

Sholawat Munjiyat adalah doa untuk meminta keselamatan dari segala musibah kepada Allah SWT. Doa ini juga memiliki manfaat lain, seperti menenangkan hati dan pikiran, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan menjauhkan dari bencana serta keburukan.

Berikut adalah bacaan Sholawat Munjiyat beserta terjemahannya:

Allahumma shalli’alaa Sayyidinaa Muhammadin sholataan tunjinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati

Wa tuthahhirunaa bihaa min jamii’is-sayyiiaati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal mamaati

Terjemahan:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad. Melalui rahmat tersebut, Engkau akan menyelamatkan kami dari segala hal menakutkan dan malapetaka. Dengan rahmat tersebut, Engkau akan mengabulkan segala hajat kami. Dengan Sholawat tersebut, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan. Dengan Sholawat tersebut, Engkau akan mengangkat derajat kami setinggi-tingginya. Dengan Sholawat tersebut, Engkau akan mengantar kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan di dunia dan kehidupan setelah mati.”

Malam Nisfu Syaban adalah momen yang baik untuk mengamalkan doa-doa seperti Sholawat Munjiyat.

Semoga dengan amalan-amalan tersebut, kita senantiasa mendapat pertolongan dan keselamatan dari Allah SWT.