PLN: Listrik Padam Hingga Jabar Akibat Gangguan Transmisi

oleh -2,152 views

JAKARTA – Jakarta dan sekitarnya hari ini listrik padam total dan mengakibatkan gangguan di banyak aktifitas, termasuk MRT, LRT dan KRL. Bahkan penumpang MRT sampai harus dievakuasi dari bawah tanah.

PLN menyebut pemadaman listrik di Jakarta, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah ini akibat gangguan pada transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kilo volt (kV), membuat transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan yang diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (4/8/2019).

Made menuturkan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal. Pengaturan penormalan dilakukan dari Unit Penyaluran dan Pengaturan Beban (UP2B) untuk meminimalisir pemadaman.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal,” pungkas Made.***