Ini 5 Daerah dengan Kebun Sawit Terluas di Indonesia

oleh

JABARPOS.COM – Kebun sawit di Indonesia merupakan salah satu komoditi perkebunan terluas. Sejauh ini komoditi ini memberikan kontribusi signifikan terhadap devisa negara.

Perkembangan kebun sawit yang bagus di Tanah Air menjadikan industri sektor ini tumbuh pesat, sehingga industri ini pun tumbuh setiap tahunnya.

Dalam catatan statistik tentang kelapa sawit, diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik (BPS), seperti dilansir dari bertuahposcom, ada 5 daerah di Indonesia dengan kebun sawit terluas.

Luasan di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 14.326.350 hektare. Jumlah ini meningkat pada 2019 mencapai 14.724.420 dan mencapai 14.996.010 hektare pada tahun 2020.

Tersebar ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Hal ini tentulah membuat Sumatera dan Kalimantan menjadi daerah penyumbang hasil CPO terbesar di Indonesia.

Masih menurut data yang sama, pada tahun 2018, Pulau Sumatera memiliki luas sawit terbesar, dengan total areal mencapai 8.047.920 hektare.

Sedangkan di Pulau Kalimantan, pada tahun yang sama, total luas arealnya mencapai 5.588.075 hektare. Terluas kedua setelah Sumatera.

Sebagian besar perkebunannya berada di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Adapun provinsi atau daerah dengan kebun sawit terluas di Indonesia adalah;

Provinsi Riau
Provinsi Kalimantan Barat
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Sumatera Utara
Provinsi Kalimantan Timur
(mg1)