Erick Thohir Optimis Meski Indonesia Terjebak di Grup Neraka

oleh -83 views

JABARPOS.COM – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan respons terkait hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang diadakan oleh AFC di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam drawing tersebut, Indonesia harus menghadapi tantangan berat dengan masuk ke Grup C, bersama raksasa Asia seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Grup ini dikenal sebagai “grup neraka” karena diisi oleh tiga tim langganan Piala Dunia.

Erick Thohir mengakui bahwa Timnas Indonesia kali ini berada di grup yang berat.

Namun, dia berpesan kepada anak-anak asuh Shin Tae-yong agar tetap semangat dan optimis meraih hasil terbaik.

“Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan,” kata Erick Thohir.

Erick juga mencontohkan kejutan yang terjadi di Piala Eropa 2024, di mana beberapa tim seperti Austria dan Georgia berhasil lolos ke babak 16 besar meski tidak diunggulkan.

“Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat,” tambahnya.

Tak lupa, Erick meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar Timnas Indonesia dapat menunjukkan penampilan terbaiknya dan terus menorehkan prestasi, bahkan hingga lolos ke Piala Dunia.

Sebagai informasi, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti 18 negara yang dibagi menjadi tiga grup, masing-masing berisi enam tim.

Tim yang finis di posisi ketiga dan keempat masih harus melakoni pertandingan di putaran keempat, yang akan diikuti enam tim dan dibagi menjadi dua grup.

Juara dari masing-masing grup di putaran keempat akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan tim yang finis di posisi kedua harus mengikuti putaran kelima untuk memperebutkan kesempatan playoff melawan tim dari konfederasi benua lain.