Perumahan di Rawalumbu Bekasi Banjir Hingga 1 Meter

oleh -83 views

JABARPOS.COM–Perumahan Bumi Bekasi Utara, Rawalumbu, Bekasi, dilanda banjir hingga setinggi 1 meter. Sejumlah warga memilih dievakuasi karena ketinggian air terus meningkat.

“Itu kan masih terus naik, ya antaranya 50 (cm) sampai 1 meterlah,” kata salah seorang warga, Wahyu, saat dihubungi, Jumat (19/2/2021).

Wahyu bergegas mengungsi ketika ketinggian air terus meningkat. Wahyu menjelaskan ketinggian air terus meningkat mulai pukul 04.00 WIB dibarengi hujan.

“Saya kebenaran dari pas air baru naik, saya sudah ngungsi,” ujarnya.

Wilayah Rawalumbu saat ini sudah tak terjadi hujan, namun ketinggian air terus meningkat. Sejumlah warga pun memilih dievakuasi.

“Sebagian saja yang (dievakuasi), mungkin yang rumahnya belum tingkat yang dievakuasi. Kalau yang sudah tingkat, mereka biasanya di atas, masih bertahan. Yang butuh yang dievakuasi saja,” ucap Wahyu.

Wahyu mengakui Perumahan Bumi Bekasi Utara kerap dilanda banjir. Perumahan tersebut, kata Wahyu, berada di cekungan.

“Memang sering banjir, langganan sih ya, karena daerahnya cekungan,” imbuhnya.

Lapan sebelumnya mengimbau warga yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) untuk mewaspadai banjir besar pada 19-20 Februari 2021.

BMKG juga pernah merilis peringatan dini bahaya banjir untuk enam provinsi di Pulau Jawa pada 18-19 Februari. Informasi dari BMKG itu juga dibuktikan melalui Sadewa-Lapan. Sadewa adalah aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer yang dikembangkan Litbang Lapan.

“Informasi tersebut juga dibuktikan oleh hasil prediksi Sadewa-Lapan yang menunjukkan bahwa hujan ekstrem mulai terjadi di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang, bahkan hingga Karawang,” tulis Tim TREAK dalam keterangannya, seperti dilansir detikcom, Kamis (18/2).(detikcom)